Museum Terangker Di Jakarta

Museum Terangker Di Jakarta

museumsejarah.com Selain itu banyak koleksi tiruan senjata-senjata, pakaian perang dan lain sebagainya. Banyak isu yang berkembang bahwa darah-darah bikinan yang ada di patung suka berubah jadi darah beneran, selain itu sering terdengar suara teriakan dan tangisan dari dalam sumur. Banyak laporan warga sekitar tentang penampakan seorang gadis Belanda sama suara tangisan perempuan. Bangunannya yang tua dan eksotis menyimpan banyak misteri yang sering diomongin banyak orang, diantaranya suara cewe nangis sama penampakan orang-orang Belanda jaman dulu. Aroma penjara bawah tanah ini lembab banget dan di dalamnya masih ada benda-benda penyiksaan berupa bola-bola besi yang dulu biasa dipakai sama tahanan. Museum Fatahillah juga dilengkapi ruang tahanan bawah tanah dan kita bisa masuk ke dalamnya. Enggak hanya itu, tiap sudut di museum ini konon dijaga oleh mahluk halus lainnya seperti perempuan berbaju merah yang ada di depan pintu masuk serta gamelan keramat yang enggak boleh dimainin sama pengunjung kalo gamau “diganggu”. Sebagian orang mungkin ngeliat museum hanya sebagai bangunan kuno peninggalan sejarah, tapi ada juga loh yang percaya kalau museum menyimpan banyak cerita serem. Buat lo yang takut sama boneka jangan pergi kesini deh, nanti berasa di film Night at The Museum karena memang patung-patung ini juga buatan lama yang terkesan serem dengan wajahnya yang mirip banget sama orang.

Boneka peraga yang ada di museum ini terlihat creepy dan bikin merinding karena bentuknya yang seperti manusia dan seolah-olah hidup. Dibalik fungsinya yang menceritakan kehidupan pelayaran bangsa kita, rupanya banyak kisah mistis di dalamnya.Bangunannya yang tua dan terkesan enggak terawat bikin kita merinding. Enggak cuma ruang bawah tanah, konon katanya juga terdapat lorong rahasia yang nyambung ke wilayah Jatinegara. Enggak cuma itu, karena juga ada rumor tentang penampakan anak kecil yang lagi main-main di atas meriam yang ada di bagian depan museum. Di dalamnya banyak terdapat patung-patung , diorama yang bercerita tentang kisah heroik para pahlawan Indonesia dalam melawan penjajah. Di tempat ini juga terdapat sumur yang dijadikan tempat mengubur mayat para Jendral. Museum ini juga masih berada di kawasan Kota Tua, tepatnya di area Pasar Ikan. Pada awalnya, pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit berada di daerah Tarik ( sebuah kecamatan di kota Mojokerto,Jawa Timur, sekarang). Pada tahun 1456 M, Bhre Wengker tampil memegang pemerintahan. Setahun kemudian Ia meninggal dan digantikan oleh Bhre Pandan Salas yang bergelar Singhawikramawardhana. Kerajaan yang beribukota di Trowulan tersebut meninggalkan peninggalan yang bisa disebut sulit dibayangkan jika hanya di tinggalkan oleh kerajaan yang biasa-biasa saja.

Koleksi keramik yang dimiliki oleh Pusat Informasi Majapahit berasal dari beberapa Negara asing seperti Cina, Tahailand, dan Vietnam. Diceritakan juga setelah penjamuan selesai alat penjamuan seperti piring, sendok dan sebagainya dibuang kedalam kolam untuk menunjukkan bahwa kerajaan majapahit merupakan negara yang kaya. Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Nusantara dan wilayahnya hampir seluruh wilayah Negara kita dan mencakup negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dll. § Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya dimana museum tersebut berada. § Museum Nasional, museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional. § Penyimpanan, yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran dan penataan koleksi. Koleksi Benda cagar budaya berbahan batu berdasarkan jenisnya dapat dikalsifikasikan menjadi beberapa kelompok sebagai berikut : koleksi Miniatur dan Komponen Candi, koleksi Arca, koleksi relief, koleksi prasasti. Bangunan yang sekarang jadi museum ini dulunya merupakan makam Belanda, sampai sekarang masih ada prasasti di dalemnya yang nandain bahwa emang pernah ada makam disitu. Bangunan ini juga pernah menjadi tempat hukuman mati. .

Sarana komunikasi dan pemersatu warga masyarakat
Sebenarnya museum ini menceritakan kisah perjalanan kehidupan maritim di nusantara dengan koleksi perahu-perahu dan gudang-gudang yang dulunya menjadi tempat penyimpanan rempah-rempah VOC. Disekitar museum ini juga ada objek wisata lain seperti menara Syahbandar dan galangan kapal VOC. Museum yang juga dikenal dengan sebutan Museum Sejarah Jakarta ini merupakan salah satu tempat wisata paling ikonik di kawasan Kota Tua. Di tengah keramaian kota Jakarta dengan banyaknya kendaraan yang berseliweran dan gedung-gedung tinggi bukan berarti kota ini bebas dari cerita angker. Sebagai sumber informasi, museum melaksanakan kegiatan pemanfaatan melalui penelitian dan penyajian. Dengan demikian keberadaan museum Trowulan harus di jaga bersama untuk di wariskan kepada generasi selanjutnya. OVM menempati sebuah rumah di Situs Trowulan yang terletak di jalan raya jurusan Mojokerto-Jombang km.13 untuk menyimpan artefak-artefak yang diperoleh baik melalui penggalian, survey maupun penemuan secara tidak disengaja. Kromodjojo Adinegoro dipindahkan dari Gedung Arca Mojokerto ke Museum Trowulan, sehingga koleksi Museum Trowulan semakin lengkap.

Baca Juga :Wisata Museum Kota Anak Senja

Koleksi yang dimiliki museum ini adalah wayang dari seluruh Indonesia dan juga berbagai wayang dari luar negeri. Mulai dari wayang yang bisa gerak sendiri sampe penampakan hantu tanpa kepala yang dipercaya sebagai arwah Jan Pieterzon Coen. Bisa bayangin kan kalo ternyata Museum ini punya banyak ruang rahasia yang nyimpen segudang misteri. Museum ini selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda sejarah, juga berperan sebagai tempat studi sejarah. Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari artefak kerajaan Majapahit. Dari peninggalan-peniongalan yang menunjukan kehidupan Majapahit tersebut sudah cukup menyimpulkan betapa besarnya dan indahnya pesona kerajaan Majapahit. Pada masa Majapahit, banyak prasasti, kitab-kitab dan naskah-naskah yang ditemukan dengan huruf Jawa Kuna. Ekonomi Jawa telah sebagian mengenal mata uang sejak abad ke-8 pada masa kerajaan Medang yang menggunakan butiran dan keping uang emas dan perak. Pada masa pemerintahannya, banyak terjadi pemberontakan. Pada tahun 1350 M, Tribhuana Wijaya Tunggadewi mengundurkan diri. Karena di wilayah tersebut banyak dijumpai pohon maja yang buahnya terasa pahit, maka kerajaan Raden Wijaya dinamakan Majapahit. Ia merupakan raja pertama Majapahit yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana.