Museum Terbaik Di Indonesia

Museum Terbaik Di Indonesia

museumsejarah.com Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa “ulating blencong sejatine tataraning lumaku”, yang artinya “nyala lampu blencong (wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Dari lantai dua, kamu bisa melihat proses bagaimana rokok dibuat dari pabrik Sampoerna yang terletak di sebelahnya. Di dalam museum Konferensi Asia-Afrika, Anda akan “dibawa kembali” ke masa lalu untuk melihat secara detil bagaimana dan mengapa KAA diadakan. Selain diorama yang memperlihatkan suasana konfrensi, Anda juga dapat menonton film dokumenter terkait bagaimana situasi sebelum KAA atau mengunjungi perpustakaan untuk mengulik lebih dalam melalui koleksi buku-buku sejarah. Mengunjungi kota baru untuk berwisata memang sangat menyenangkan. Museum yang berada di pusat ibu kota Jakarta ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Museum ini terletak di daerah pegunungan dengan hawa yang sejuk serta suasana khidmat untuk menampilkan keagungan dari museum tersebut. Untuk reservasi, booking kamar lebih cepat, lebih mudah dengan aplikasi Airy Rooms. Saking bagusnya, kamu harus siap-siap dengan antreannya yang panjang saat ke sini.

Agro Tawon
Dirancang oleh Ridwan Kamil, bangunan ini memiliki ruangan yang ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding. Terletak di Kabupaten Sleman, museum Ullen Sentalu menampilkan budaya dan peninggalan Jawa Kuno dari para bangsawan semasa Dinasti Mataram. Keunikan dari tempat ini terletak pada koleksinya karena mereka tidak hanya menampilkan hasil karya artis Indonesia, tetapi juga dari artis asal Belanda, Italia, Perancis, Indo Eropa dan Indo Cina! Tidak hanya museum, tapi tempat ini juga menyediakan kafe bagi kamu yang lelah berkeliling. Bali tidak hanya jadi tempat hangout yang asyik, tapi juga tempat yang kental dengan karya seninya. Tidak hanya suasananya yang berbeda dari kota asal, Anda juga dapat belajar lebih banyak tentang budaya dan asal usul kota tujuan! Batik adalah warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia dan negara kita pun memiliki banyak sekali macam-macam batik yang patut dibanggakan. Ribuan koleksi mengenai kelautan, geologi, biologika, dan masih banyak yang lainnya dari Maluku ada di dalam sini. Kamu yang ingin memecahkan sejarah juga, bisa cek rekor-rekor yang sudah ada di museum ini.

Apabila Anda ingin mengunjungi museum saat berada di kota Surabaya, House of Sampoerna menjadi tempat yang harus didatangi! Cocok banget buat kamu yang ingin bernostalgia masa kecilmu. Sebagai jaringan akomodasi budget terbesar di Indonesia, Anda dapat beristirahat di kamar budget berkualitas dengan harga yang terjangkau. Semua koleksinya memiliki nilai sejarah, nostalgia dan moral yang mendalam karena Anda akan melihat cerita bagaimana Liem Seeng Tee mulai bekerja keras dari usia belia sampai akhirnya sukses dengan produk rokok Sampoerna. Anda dapat menikmati dan melihat karya agung lukisan maupun pahatan patung dengan ciri khas pulau dewata yang kental. Untuk melihat salah satu koleksi batik terbesar, Anda dapat mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang terletak di kota Solo! Kebanyakan mainan yang dikoleksi museum ini berasal dari era 90-an. Lebih dari 16 ribu koleksi mainan, buku cerita, gambar, baik dari dalam negeri dan berbagai negara lainnya ada di sini. Museum ini juga sering dikenal sebagai Museum Gajah, karena adanya patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada 1871. Museum bergaya Eropa ini menyimpan sekitar 141 ribu benda-benda sejarah dan prasejarah dari berbagai periode.

Pada 30 Maret 1974, gedung ini berganti menjadi museum yang berisi benda-benda peninggalan pada zaman tersebut. Museum Fatahillah berada di Kota Tua Jakarta dan pernah menjadi Balai Kota Jakarta pada zaman Batavia Lama. Sejak diresmikan pada 1990, antusias orang Indonesia untuk memecahkan rekor semakin meningkat, baik dalam skala nasional maupun internasional. Diresmikan pada 23 Agustus 2000, Museum Geologi dijadikan tempat untuk keperluan penelitian dan pendidikan. Museum ini sekaligus menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat, jika terjadi bencana serupa lagi. Museum ini terletak di Teluk Ambon, yang membuat tempat ini semakin eksotis. Siwalima berasal dari kata ‘siwa’ diambil dari kata Ulisiwa yang artinya sembilan dan ‘lima’ diambil dari Patalima yang artinya lima. Di dalamnya, kamu akan menemukan kumpulan rokok-rokok dari pertama kalinya dibuat hingga rokok modern masa kini. Ini merupakan museum simbolis yang dibuat sebagai rasa hormat atas kejadian bencana gempa bumi dan tsunami pada 2004 lalu. Dibangun pada 2 Februari 2008 oleh Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan ‘kekhawatiran’ terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya serta tradisi mereka di zaman now ini. Bagi kamu yang tertarik dengan dinosaurus dan fosil zaman purba, maka museum satu ini cocok untukmu. Lebih dikenal dengan nama MURI, museum yang terletak di Semarang ini telah mencatat dan menyimpan sekumpulan rekor-rekor yang telah berbagai orang Indonesia lakukan.

Baca Juga :Museum Baru Di Surabaya

Museum Angkut dikenal dengan koleksi transportasinya, baik di Indonesia maupun level dunia. Museum Angkut ini digadang sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Karena keragaman budaya dan sejarahnya, Indonesia memiliki berbagai museum terbaik yang dapat Anda kunjungi. Kira-kira museum mana saja sih yang bisa kamu kunjungi selama bulan puasa? Yuk, cari tahu museum apa saja yang masuk ke dalam daftar ini! Mereka memiliki lebih dari 10.000 batik, mulai dari yang mudah Anda temukan di pasaran sampai yang sangat langka dan bersejarah. Berbagai macam jenis transportasi bisa kamu temui di sini, mulai dari sepeda, mobil, kapal hingga pesawat. Sejumlah koleksi dan materi ada di sini, utamanya berkaitan dengan dunia geologi seperti bebatuan, fosil, dan mineral serta kondisi natural alam. Di dalamnya ada total 23.500 benda bersejarah, baik dalam bentuk asli maupun replika. Baca juga: 25 Pantai Tercantik di Pulau Jawa yang Bikin Kamu Lupa Rumah!